Selasa, 28 November 2017

Penyuluhan Kesehatan Oleh Dinas Kesehatan Puskesmas Kawedanan Tentang Kes Gigi & Diare Pada Anak.

Kawedanan, bertempat Aula Kel. Rejosari, Kec. Kawedanan, Kab. Magetan  telah dilaksanakan kegiatan Penyuluhan Kesehatan dari Puskesmas Kawedanan (29/11/17). Yang hadir dlm acara tsb:1.  Ketua tim kes Puskesmas Kawedanan Drg.Ari. Widodo. 2.  Kepala kelurahan Bpk.Sugino. 3.  Babinsa Rejosari. 4.  Babinkamtib Rejosari. 5.  Masyarakat kel. Rejosari ±30 org.
Sambutan Kakel. Rejosari Bpk. Sugiono Ucapan slamat datang kepada audien atas kesediaan untuk mengikuti Luhkes yg diadakan oleh petugas kesehatan Puskesmas kawedanan serta ucapan puji syukur ke hadirat illahi kita semua masih di beri kesehatan, kesempatan untuk bersilahtueahmi dalam aula untuk mendapatkan pengetahuan tentang kesehatan yg  berguna bai kita, keluarga dan lingkungan.
Sambutan dr tim petugas kesehatan Puskesmas Kawedanan  Ucapan selamat datang dan puji syukur ke hadirat Tuhan YME, pada pagi ini kita dapat berkumpul di aula Kel. Rejosari dalam acara Penyuluhan Kesehatan Tentang kesehatan gigi dan penyakit Diare.  Terimakasih kepada Kakel. Rejosari atas kesempatan dan penyediaan fasilitas guna terlaksananya acara penyuluhan kes kepada masyarakar Kel. Rejosari. Terimakasih kepada masyarakat Kel. Rejosari atas kesediaan dan kesadaran untuk datang dan mengikuti punyuluhan yg di adakan oleh pihak dinkes Puskesmas Kawedanan, demi kepentingan kesehatan bersama.
Materi yg disampaikan Drg. Ari Widodo  Dalam keseharian yg ada di masyarakat sekarang ini banyak polemik tentang masalah gigi.  Masyarakat kurang menyadari atas pentingnya kesehatan gigi yg nota bene dianggap remeh, padahal dg penganan yg salah akan sangat berbahaya bagi penderita dan dapat menimbulkan kerugian jiwa (meninggal). Apabila ada kendala sakit gigi diharapkan masyarakat langsung darang ke puskesmas guna mendaoatkan pebanganan yg cepat dan tepat. Karena pada umumnya apa bila sakit gigi masyarajat engfan datang ke puskesmas bahkan apabila lubang, dicongkel². Dengan alat yg tidak higienis maka akan terjadi inveksi dan sangat membahayakan si penderita.
Adapun usaha untuk menjaga kes gigi sbb: Membiasakan sikat gigi minimal 2 kali sehari, pagi dan menjelang tidur.  Menjaga kebersihan gigi dg kontrol ke puskesmas/rumkit sec. periodik setiap 6 bulan sekali guna membersihkan karang gigi. Dengan harapan gigi selalu terawat kebersihannya.  Untuk anak² saat ini musim penghujan dan musim buah maka banyak lalat dan nota bene membawa wabah diare. Bagi anak diare sangat rentan di musim penghujan, apa bila pada anak menderita diare dengan segera membawa korban ke puskesmas/rumkit terdekat guna mendapatkan pertolongan dengan segera. Apa bila rerlambat dan banyak cairan yg keluar maka akan mengakibatkan sangat fatal dan tidak menutup kemungkinan terjadi korban jiwa. (tsr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar