Minggu, 24 Desember 2017

BABINSA DESA PINGKUK MELATIH BARIS-BERBARIS PESERTA DIKLAT TERPADU DASAR BARISAN ANSOR SERBAGUNA (DTD BANSER)

BENDO,  Barisan Ansor Serbaguna (BANSER) merupakan tenaga inti Gerakan Pemuda Ansor sebagai kader penggerak, pengemban dan pengaman program-program sosial kemasyarakatan Gerakan Pemuda Ansor. Kader yang maksud adalah anggota Gerakan Pemuda Ansor yang memiliki kualifikasi disiplin dan dedikasi yang tinggi, ketahanan fisik dan mental yang tangguh, penuh daya juang dan religius sebagai benteng ulama dan dapat mewujudkan cita-cita Gerakan Pemuda Ansor dan kemaslahatan umum. Untuk itu agar para anggota Banser memiliki kualifikasi yang diharap maka Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor NU Bendo mengadakan Diklat Terpadu Dasar Barisan Ansor Serbaguna (DTD BANSER) serta mohon bantuan instruktur dari anggota Koramil 0804/13 Bendo untuk melatih Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada peserta diklat yang bertempat di Halaman Masjid Nurul Huda Dusun Bodri Rt 27/06 Desa Pingkuk Kecamatan Bendo. (Minggu, 24/12/17)    
Adapun materi baris-berbaris yang diberikan oleh Babinsa Pingkuk Serma Budianto meliputi Pengertian Baris Berbaris adalah suatu wujud latihan fisik yang diperlukan untuk menanamkan kebiasaan tata cara hidup suatu organisasi masyarakat yang diarahkan kepada terbentuknya perwatakan tertentu. Sedangkan Maksud Umum adalah suatu latihan awal membela negara dan dapat membedakan hak dan kewajiban, untuk Maksud Khusus adalah menanamkan rasa disiplin, mempertebal rasa semangat kebersamaan. Sedangkan Tujuan dari PBB adalah Menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan, disiplin sehingga dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu dan secara tak langsung juga menanamkan rasa tanggung jawab. Menumbuhkan adalah mengarahkan pertumbuhan tubuh yang diperlukan untuk tugas pokok tersebut sampai dengan sempurna. Rasa persatuan adalah rasa senasib sepenanggungan serta adanya ikatan batin yang sangat diperlukan dalam menjalankan tugas. Disiplin adalah mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu yang hakikatnya tidak lain dari pada keihklasan, penyisihan/menyisihkan pilihan hati sendiri.

     Masuk pada materi inti yaitu dimulai dengan Pengertian Aba-aba suatu perintah yang di berikan oleh seorang Komandan kepada pasukannya, untuk dilaksanakan secara serentak atau berturut-turut. Macam aba-aba yaitu Aba-aba petunjuk, Aba-aba peringatan dan aba-aba pelaksanaan terdiri dari gerak, Jalan dan mulai. Untuk gerakan ditempat mulai dari Sikap sempurna, Sikap Istirahat, Penghormatan. Lencang kanan/depan. Untuk materi perubahan arah diajarkan Hadap kiri/kanan,  Hadap serong kanan/kiri, Balik kanan. Untuk materi perpindahan tempat meliputi langkah depan/belakang, langkah kekiri/kanan, jalan ditempat, langkah biasa dan langkah tegap. Itulah materi baris berbaris tanpa senjata yang diberikan pada peserta Diklat terpadu dasar barisan ansor serbaguna (DTD Banser) dan mereka sangat antusias dan semangat dalam melaksanakan latihan ini.

     Ucapan terima kasih disampaikan oleh Ketua Pimpinan Anak Cabang GP Ansor NU Bendo Agusnanto beserta Anggota Banser kepada semua pihak yang telah mendukung dan melatih pada anggota kami, Khususnya kepada Babinsa Pingkuk dan umumnya Koramil 0804/13 Bendo yang sudah melatih baris-berbaris agar anggota banser kami bisa mengusai betul-betul tentang baris-berbaris serta dapat melaksanakan gerakan tersebut dengan benar. Harapan kedepan supaya kegiatan seperti ini tetap terjalin dan lebih ditingkatkan lagi. (R13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar