Jumat, 15 Desember 2017

Mencegah Kenakalan Remaja Pada Saat Liburan Sekolah

BENDO,   Ada slogan yang mengatakan bahwa mencegah itu lebih baik daripada mengobati mungkin ini yang memotivasi Kepala sekolah dan guru SMPN 2 Bendo bekerja sama dengan Koramil 0804/13 Bendo untuk memberikan penyuluhan tentang kenakalan remaja kepada siswa-siswinya yang sebentar lagi akan melaksanakan liburan sekolah, agar para siswa-siswi yang akan melaksanakan liburan sekolah terhindar dari kegiatan-kegiatan atau prilaku-prilaku yang termasuk dalam golongan kenakalan remaja. Acara penyuluhan dilaksanakan di Masjid SMPN 2 Bendo yang diikuti seluruh siswa-siswi SMPN 2 Bendo dengan jumlah 350 anak dimulai pukul 07.30 wib sampai dengan 09.00 wib. (Sabtu, 16/12)

     Dalam acara tersebut Danramil 0804/13 Bendo sebagai narasumber menyampaikan " bahwa kenakalan remaja adalah suatu perbuatan yang melanggar norma, aturan atau hukum dalam masyarakat yang dilakukan pada usia remaja atau transisi masa anak-anak ke dewasa. Biasanya perilaku ini tidak dapat diterima secara sosial hingga terjadi tindakan kriminal. Adapun jenis-jenis kenakalan remaja antara lain merokok, minum-minuman beralkohol, Narkoba, perkelahian/tawuran dan bahkan pergaulan seks bebas. Inilah kenakalan remaja yang sering terjadi saat ini. Penyebab kenakalan remaja ada beberapa faktor yaitu yang disebabkan faktor dari remaja itu sendiri (internal) maupun dari faktor dari luar (eksternal). Faktor internal yaitu krisis identitas dimana adanya perubahan biologis dan sosiologis serta kontrol diri yang lemah sehingga terseret pada perilaku yang negatif. Untuk faktor eksternal adanya keluarga yang kurang harmonis, teman sebaya yang kurang baik serta lingkungan yang kurang baik pula. Dampak yang ditimbulkan dari kenakalan remaja adalah mudah marah dan terjadi kekerasan dalam keluarga, ikut tindakan kriminal, tingkat pendidikan yang rendah malas belajar, muncul prilaku seksual diusia dini, tidak bisa mengatur waktu karena waktu terbuang untuk kegiatan negatif. Untuk mencegah kenakalan remaja perlu peran aktif orang tua untuk mengawasi anak-anaknya, anak-anak harus bisa memilih teman dan lingkungan yang baik, bisa mengontrol mana yang baik dan mana yang buruk serta pertebal keimanan dan ketaqwaan ini merupakan konsep dasar penangkalan kenakalan remaja dengan konsep agama, karena semua agama mengajarkan perbuatan yang baik. Jadi anak-anak semua pada saat liburan nanti isilah dengan kegiatan-kegiatan positif jangan sampai kalian terjerumus hal-hal negatif apalagi tindakan yang mengarah pada tindakan kriminal karena yang rugi kalian sendiri dan orang tua kalian yang sudah susah payah membiayai kalian untuk bisa terus sekolah".

      Drs. Murda Selaku Kepala sekolah SMPN 2 Bendo mengucapkan banyak terimakasih kepada Danramil 0804/13 bendo beserta anggota yang telah meluangkan waktu walaupun sekarang ini lagi sibuk dalam rangka Hari Juang Kartika namun tetap menyempatkan diri untuk memberikan bimbingan dan penyuluhan kepada siswa-siswi kami, harapan kedepan kegiatan seperti ini bisa berlanjut untuk selalu tidak ada kata bosan-bosannya menasehati pada anak-anak didik kami agar terhindar dari perilaku-perilaku yang menyimpang yang mengarah pada kenakalan remaja. (R13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar