Kamis, 22 Maret 2018

RAT Gapoktan Subur, Refleksi Diri Demi Kemajuan dan Kesejahteraan

Tulungagung - Seperti halnya sebuah organisasi pada saat akhir tahun GAPOKTAN SUBUR menyelenggarakan RAT sebagai pertanggungjawaban pengurus kepada anggota dalam menjalankan tugasnya selama satu tahun. Bentuk pertanggungjawaban ini dituangkan dalam sebuah laporan.

Pada kesempatan ini Babinsa Desa Sepatan Sertu Kusnan anggota Koramil 0807/14 Gondang menghadiri RAT Gapoktan Subur, Rabu (21/03/18).

Dalam Rapat angoota tahunan ini hadir pula Kelompok Jabatan Fungsional (KJF) Dinas Pertanian, PPL Kecamatan Gondang, Kades Sepatan, Kasi Pem Kec. Gondang, Babinkamtibmas, Babinsa Desa Sepatan serta 85 orang anggota Poktan Subur.
Selaku Babinsa, Sertu Kusnan berharap agar para petani mendukung program swasembada pangan dengan cara meningkatkan kerjasama dengan Babinsa dan penyuluh pertanian sehingga hasil yang dicapai untuk masa tanam berikutnya dapat lebih maksimal.

Para petani diharapkan segera memberitahukan segala kendala yang ditemukan di lapangan sehingga kendala tersebut dapat segera dicarikan solusi bersama. Terutama masalah pupuk agar para petani ikut memantau pendistribusiannya jangan sampai diselewengkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Pada kesempatan ini, Ketua Gapoktan membacakan Laporan Keuangan Neraca Saldo beserta Laporan Keuangan Neraca Saldo (tertuang dalam laporan pertanggungjawaban Gapoktan Subur).

Dijelaskan pula bahwa dana PUAP merupakan bantuan yang digulirkan kepada Gapoktan untuk dikembangkan bukan sekedar bantuan lepas. Agar pengurus mengidentifikasi kelayakan anggota yang meminjam agar perguliran dana PUAP tepat sasaran dan mengingatkan anggota yang menunggak.

Pada Tahun 2018 ini semoga muncul Gapoktan yang sudah memiliki LKMA (Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis) karena tujuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian Tahun 2018 pendampingan PUAP difokuskan terhadap Penumbuhan LKMA. Harapannya Gapoktan yang memiliki potensi dan manajement yang baik dapat memiliki lembaga tersebut.

Tim Teknis Kabupaten, Penyuluh Pendamping maupun PMT dapat mensosialisasikannya kepada Gapoktan binaanya. Dalam memacu semangat dan meningkatkan kebersamaan antara anggota yang ada di Gapoktan Subur. Diharapkan Gapoktan Subur semakin bertambah maju dan sejahtera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar