Selasa, 17 April 2018

Babinsa Desa Lembeyan Wetan Mendampingi Pemeriksaan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis)

Lembeyan, babinsa desa lembeyan wetan mendampingi kegiatan pemeriksaan program pengelolaan penyakit kronis (prolanis) dan posyandu lansia dgn puskesmas lembeyan. pada hari Selasa,Tgl 17 April 2018,Babinsa Desa lembeyan wetan mendampingi giat Prolanis dan posyandu lansia berjumlah 119 orang digedung serbaguna Desa lembeyan wetan, Kec.Lembeyan,Kab.Magetan.

Puskesmas lembeyan mengintensifkan program pengelolaan penyakit kronis (prolanis) dan posyandu lansia sebagai upaya mencegah risiko kematian akibat komplikasi penyakit tidak menular degeneratif yang banyak menyerang kelompok lanjut usia di daerah tersebut.
    
"Program ini bersifat pencegahan dengan harapan kondisi penderita tidak semakin buruk," ujar ibu Ruri Pelayanan Kesehatan puskesmas lembeyan.
    
Beberapa jenis penyakit kronis yang mayoritas disebabkan faktor degeneratif atau penuaan tersebut menurut ibu Ruri antara lain kencing manis atau gula darah, hipertensi, asam urat, serta asma.
    
Tiga jenis penyakit yang disebut pertama, kata dia, berisiko memicu munculnya penyakit penyerta lain sehingga terjadi komplikasi yang bisa berujung pada kematian.
    
"Risiko (kematian) muncul biasnya karena komplikasi dengan penyakit lain. Misal diabet yang diikuti hipertensi, gagal ginjal atau sebaliknya," ujarnya.
        
Menurut ibu Ruri, mereka aktif melakukan sosialisasi pencegahan, secara periodik setiap bulannya.
    
"Dengan aktif memeriksakan kesehatan secara periodik, diharapkan risiko komplikasi bisa dicegah dan angka kematian penyakit tidak menular akibat degeneratif usia tersebut bisa diturunkan,"ucap Babinsa Ds.Lembeyan wetan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar