Babinsa Keluarahan Mangkujayan Serka Sujarto Dampingi Tim Penilaian Kelurahan Berseri Dari Provinsi Jatim Th 2018.


Magetan, Tim penilai lomba Kelurahan Berseri Provinsi Jawa Timur melakukan penilaian lingkungan untuk Kelurahan Mangkujayan Kabupaten Magetan pada Jumat, 27/4. Kegiatan dilakukan untuk pengajuan Kelurahan Mangkujayan dari kategori rintisan menuju tingkat pratama.
Hadir dalam kegiatan ini DLH Jatim Bpk Zainal (Tem). DLH Jatim Bpk Tohir (Tem). Bakorwil Madiun Bpk Renanto.  Camat Magetan  diwakili oleh Kasi PMD Bpk Eko. Danramil Kota diwakili oleh Babinsa Serka Sujarto.  Kakel Bpk Samsudin S.Sos. BPD dan LPM Kelurahan Mangkujayan. Perangkat Kelurahan Mangkujayan. Ketua RW dan RT Kelurahan Mangkujayan. Perwakilan masyarakat Kelurahan Mangkujayan.
Tim penilai dari DLH Provinsi Jawa Timur  adalah  Zainal dan Tohir. Mereka menanyakan kegiatan yang mendukung kebersihan lingkungan dan memverifikasi lapangan di kelurahan tersebut.
Bapak Supriyono, ketua RW 01 yang merupakan ketua kader lingkungan, memaparkan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat sekitar dalam upaya pengelolaan lingkungan.
“Dulunya di sini terkenal sebagai pemukiman kumuh. Hal ini yang mendasari saya dan warga sekitar untuk mengubah perilaku masyarakat,” katanya menjelaskan.
Melalui beberapa diskusi yang melibatkan tokoh masyarakat, dapat dilihat hasilnya bahwa kawasan ini telah menjadi kawasan edukasi. Di setiap rumah masyarakat sudah ada tanaman yang menggunakan bahan bekas dari kaleng cat, bungkus deterjen, botol bekas, dan lain-lain.
Sambutan dr tim Penilai DLH Jatim Bpk Zainal  kami dr tim penilai program Kelurahan BERSERI hanya menjalankan perintah dr Program - Program yg diagendakan dr Provinsi Jatim. Menjelaskan Pengertian dr Program BERSERI (Bersih dan Lestari) adalah Program Pemerintah Propinsi Jawa Timur di bidang Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga masyarakat Desa/ Kelurahan dalam upaya pelestarian lingkungan hidup sehingga dapat terwujud desa/ kelurahan yan bersih, sehat, lestari dan asri.

 Menjelaskan Kriteria Penilaian penilaian dan prosentase masing-masing komponen dlm Program BERSERI  Kelembagaan dan Partisipasi Masyarakat (40%). Titik pantau criteria ini adalah pada pembentukan kelembagaan dan pemberdayaan masyarakat, program kerja kader dalam bidang lingkungan, aksi advokasi dan provokasi lingkungan dalam peningkatan kesadaran masyarakat, penguatan kelembagaan/ capacity building, pembiasaan perilaku berbudaya lingkungan dan sanksi yang diberikan, penghargaan/ prestasi yang diperoleh Desa/ Kelurahan.
Pengelolaan Lingkungan Hidup (30%). Titik pantau criteria ini adalah upaya pegelolaan sampah, penyediaan Fasilitas Pengolahan Sampah, Kegiatan Daur Ulang Sampah, proses pengolahan dan pemanfaatan sampah untuk kompos, pembiasaan perilaku berbudaya lingkungan, keterlibatan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, pengelolaan sanitasi, upaya mengurangi pencemaran udara missal dengan tidak membakar sampah, kemitraan dengan pihak luar (Pemerintah, Institusi Pendidikan, LSM, Swasta dll) dalam Pengelolaan Sampah, Pengelolaan TPS.
Pengelolaan Sumber Daya Alam (20%). Titik pantau criteria ini adalah upaya pengelolaan sumber daya alam. Keterlibatan masyarakat dalam ikut menjaga dan melestarikan sumber daya alam, upaya penghematan sumber daya alam, peraturan tertulis dan tidak tertulis tentang penyelamatan SDA, upaya tanggap darurat bencana, penghargaan dalam upaya penyelamatan sumber daya alam, upaya penyelamatan sumber daya alam di desa/ kelurahan, pemakaian teknologi ramah lingkungan dalam upaya penyelamatan sumber daya alam.

Presentasi (10%). Penentuan kategori penghargaan dengan mempertimbangkan tingkat sebaran RW yang terlibat dalam kegiatan Desa/ Kelurahan Berseri,  Mandiri : minimal 4 RW atau semua RW bila jumlah RW kurang dari 4.  Madya : minimal 3 RW atau 50% dari jumlah RW bila kurang dari 4.  Pratama : minimal 2 RW. Keterangan: dalam 1 RW bisa hanya 1 RT yang dinilai.

Tim penilai kemudian melakukan bertolak ke RW 04 Kelurahan Mangkujayan karena memang ada 2 RW yang akan dilakukannya penilaian. Di RW 04, tim verifikasi disambut oleh Kakel Samsudin S.Sos. Disajikan pula jajanan khas dari kebun warga. Tim dan rombongan DLH Propinsi Jatim kemudian melakukan kunjungan lapangan ke rumah-rumah warga. Melihat tanaman dan mengetahui bagaimana cara pengelolaan hingga bisa menjadi RW 07 yang menawan dengan warna-warni barang bekas. 

Bahwa kegiatan Program BERSERI (Bersih dan Lestari) adalah salah satu program Pemerintah Propinsi Jawa Timur di bidang Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga masyarakat Desa/ Kelurahan dalam upaya pelestarian lingkungan hidup sehingga dapat terwujud desa/ kelurahan yan bersih, sehat, lestari dan asri. (TSR0804)

Posting Komentar

0 Komentar