Kamis, 31 Mei 2018

Babinsa Desa Sugihwaras Melaksanakan Upacara Hari Pancasila Di Kantor Desa Sugihwaras Kecamatan Maospati


Maospati – Jum’at/1/6/2018. Memperingati Hari Lahir Pancasila, Pemerintah Desa Sugihwaras melaksanakan upacara bendera di halaman depan Kantor Desa Sugihwars Kecamatan Maospati. Ada yang berbeda pada upacara peringatan hari lahir pancasila tahun ini dengqn Upacara lainya dimana giat upacara Lahir Pancasila dilqksanakan dalam suasana bulan suci Ramadhan, meskipun demikian hal ini tidak menjadi hambatan bagi pihak pelaksana maupun pihak peserta, dengan diadakannya upacara di dalam gedung tidak mengurangi kehikmatan upacara.


Peringatan hari lahir Pancasila mengukuhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dalam upacara yang dihadiri oleh seluruh perangkat Desa Sugihwaras dan sebagaian unsur elemen masyarakat juga dihadiri oleh anggota Koramil 0804/06 Maospati Serma Suwartoyo yang sehari hari menjadi Babinsa Desa Sugihwaras sekaligus sebagai pembina Upacara. Sebagai Irup dalam kegiatan Upacara tersebut adalah Bapak Hartono yang sehari hari menjabat sebagai Kepala Desa Sugihwaras sekaligus pembaca teks amanat Presiden RI.

Dalam isi pidato bapak Presiden  yang dibacakan oleh bapak Kepala Desa Sugihwaras pada intinya adalah untuk mengingatkan kembali semangat ruh keberagaman Indonesia. “Harus diingat, bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman. Itulah ke-bhinneka tunggal ika-an kita,” bunyi salah satu isi pidatonya. Dalam garis besarnya menjelaskan bahwa saat ini ke-bhinneka-an kita sedang mengalami tantangan dengan masuknya sikap tidak toleran yang mengusung ideologi lain selain Pancasila. Dalam teks dari amanat terakir nya presiden mengajak seluruh komponen bangsa untuk saling bekerja sama menegakkan kembali nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 sebagai ideologi bangsa. Mengedepankan persamaan, bukan perbedaan. Selama kegitan Upacara lahirnya Pancasila berlangsung dengan tertib aman khidmat dan lancar. [R06]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar