Jumat, 11 Mei 2018

Lansia di wilayah Kec. Karangrejo Tetap Bersemangat Untuk Menjaga Kebugaran Tubuh.

Karangrejo -  Senam lansia adalah olahraga ringan dan mudah dilakukan, tidak memberatkan yang diterapkan pada lansia. Aktifitas olahraga ini akan membantu tubuh agar tetap bugar dan tetap segar karena melatih tulang tetap kuat, memdorong jantung bekerja optimal dan membantumenghilangkan radikal bebas yang berkeliaran di dalam tubuh, Seperti yang dilakukan Kepala UPTD Puskesmas Karangrejo dr. Lilik Tri Kadiyanto.


bersama sama Camat Karangrejo di wakili Sekcam Jaka Prastowo, Danramil 0804/07 Karangrejo diwakili Serma Subiyanto, PLKB Kec. Karangrejo Ibu. Asih, Kepala Desa Patihan bpk. Daim Wartoyo, SE, menghadiri sosialisasi Senam Lansia dari Puskesmas Karangrejo dan di dampingi Bidan Desa serta masyarakat 79 orang di balai Dusun Padasbolong Desa Patihan Kec. Karangrejo Kab. Magetan. Jumat (11/05/2018)

Senam lansia disamping memiliki dampak positif terhadap peningkatan fungsi organ tubuh juga berpengaruh dalam meningkatkan imunitas dalam tubuh manusia setelah latihan teratur. Tingkat kebugaran dievaluasi dengan mengawasi kecepatan denyup jantung waktu istirahat yaitu kecepatan denyut nadi sewaktu istirahat. Jadi supaya lebih bugar, kecepatan denyut jantung sewaktu istirahat harus menurun. Dengan mengikuti senam lansia efek minimalya adalah lansia merasa berbahagia, senantiasa bergembira, bisa tidur lebih nyenyak, pikiran tetap segar, Ungkap dr. Lilik Tri.

Senam lansia merupakan olahraga yang cocok bagi lansia karena gerakan di dalamnya menghindari gerakan loncat-loncat (low impact), melompat, kaki menyilang, maju mundur, menyentak-sentak namun masih dapat memacu kerja jantung-paru dengan intensitas ringan-sedang, bersifat menyeluruh dengan gerakan yang melibatkan sebagian besar otot tubuh, serasi sesuai gerak sehari-hari dan mengandung gerakan-gerakan melawan beban badan dengan pemberian beban antara bagian kanan dan kiri tubuh secara seimbang dan berimbang. Gerakan dalam SBL mengandung gerakan-gerakan yang diharapkan dapat meningkatkan komponen kebugaran kardio-respirasi, kekuatan dan ketahanan otot, kelenturan dan komposisi badan yang seimbang. Pungkas dr. Lilik Tri Kadiyanto. (By. R-07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar