Minggu, 17 Juni 2018

Pengajian Umum Dan Pagelaran Wayang Kulit Dalam Rangka Halal Bihalal Di Desa Tanjung


BENDO, Setelah melaksanakan puasa di bulan Ramadhan, gini tiba saatnya untuk merayakan kemenangan dengan berlebaran hari raya Idul Fitri. Dalam suasana lebaran ada tradisi yang sangat baik bagi umat muslim yaitu acara Halal Bihalal dan ini  hanya ada di Indonesia. Acara Halal Bihalal yang dikemas dengan mengadakan pengajian umum dan di lanjutkan dengan pagelaran wayang kulit ini diselenggarakan oleh warga masyarakat yang tergabung dalam paguyupan blok 2 guyub rukun desa tanjung kecamatan bendo. (Minggu, 17/06/18)


    Dalam acara halal Bihalal malam ini dihadiri oleh  Danramil 0804/13 Bendo Kapten Inf Efendi Santoso dan anggota, Kapolsek Bendo AKP Iin Pelangi, SS. dan anggota. KH. Muhammad Arwan Rabono sebagai penceramah, Ki Sudarno sebagai Dalang, Kepala Desa Tanjung Tatang Setiawan, ST, Ketua Penyelenggara Dasi, SH. Dan warga paguyupan blok 2 guyub rukun serta masyarakat desa tanjung sekitar 300 orang.

   Halal Bihalal muncul sebagai ungkapan saling menghalalkan kesalahan dan kekhilafan, Saling memaafkan satu sama lain. Setiap orang sadar tidak ada yang lepas dari kesalahan, Manusia tempatnya salah dan lupa. Idul Fitri dengan kegiatan Halal bi Halal ini membuat umat muslim untuk melebur kesalahannya dengan saling maaf memaafkan tanpa ada jarak yang membatasi antara kita sebagai makluk manusia yang sejajar dihadapan Allah SWT.

    Pengajian umum dengan penceramah KH. Muhammad Arwan Rabono dari madiun mengajak semua warga masyarakat desa tanjung khususnya dan masyarakat indonesia pada umumnya untuk tetap melestarikan tradisi Halal Bihalal ini, karena dengan tradisi ini kita bisa saling maaf memaafkan atas kesalahan-kesalahan kita baik disengaja maupun tidak. Tradisi ini juga untuk mempererat tali silahturahmi antar saudara dan tetangga agar hilang rasa iri dan dengki sehingga terbentuk kerukunan antara kita .

    Setelah kegiatan pengajian dilanjutkan pagelaran wayang kulit dengan Dalang Ki Sudarno dari Madiun. Selain untuk menghibur warga masyarakat yang hadir juga berisi tentang petuah-petuah tentang pentingnya kegiatan halal bihalal ini untuk membuang rasa kebencian dengan tetangga bahkan saudara saudara, diganti dengan rasa persaudaraan serta  menjaga keharmonisan dan kebersamaan antar masyarakat sehingga terwujud persatuan dan kesatuan bangsa.

    Danramil 0804/13 Bendo Kapten Inf Efendi Santoso dan anggota serta bersama-sama warga masyarakat desa tanjung dengan antusias mengikuti acara ini sampai dengan selesai. Ini merupakan wujud kebersamaan sebagai aparat teritorial yang selalu hadir disetiap kegiatan-kegiatan kemasyarakatan yang ada di wilayahnya. Masyarakat desa tanjung khususnya blok 2 merasa bangga dengan hadirnya Danramil 0804/13 Bendo dan anggotanya  untuk memenuhi undangan ini. Kedekatan Anggota Koramil 0804/13 Bendo dengan warga masyarakat selama ini sudah terjalin cukup baik namun harus selalu dipupuk dan ditingkatkan lagi agar terwujud kemanunggalan TNI dengan Rakyat. (R13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar