Senin, 27 Agustus 2018

Bintara Pembina Desa Samarinda Bina Anak Putus Sekolah

Samarinda- Berbicara mengenai Tentara, khususnya TNI, tidak selalu identik dengan angkat senjata, berwajah garang, keras dan kekar. Kadangkala sisi-sisi lain seperti sifat humanis, sebagai penggiat karang taruna bahkan menjadi guru, peternak dan petani yang ditampilkan seorang prajurit begitu nyata, sayangnya jarang terpublikasi. Padahal peran sertanya di masyarakat begitu determinan sebagai motivator dalam membantu masyarakat mengatasi berbagai kesulitan.


Sisi-sisi humanis dari seorang prajurit TNI kadangkala terpinggirkan oleh keidentikan sebagai seorang prajurit yang diterjunkan dalam perang melawan musuh. Padahal jauh lebih banyak tugas-tugas lain yang dikerjakan seorang prajurit TNI walau tidak dalam keadaan perang. Misalnya prajurit sebagai seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang tugasnya membina sekaligus sebagai penyuluh bagi masyarakat yang menjadi binaannya.

Berangkat dari gambaran di atas itulah, membuat seorang, Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil 01/Samarinda Ulu Pelda Sidik yang meluangkan waktunya untuk memberikan pembekalan Disiplin dan membentuk Relawan  Balakar  kepada anak - anak remaja yang putus sekolah yang sering minum - minuman  keras maupun ngelem, kegitan ini dilaksanakan di Lapangan Sekolah SMA Muhammadiyah 2 Jalan. Slamet  Riyadi Rt. 11 Kelurahan Karang Asam Ilir Kecamatan Sungai Kunjang Samarinda Kaltim, Rabu (1/8/2018).

Guna mengurangi kenakalan remaja yang berbau negatif  akan ditanamkan jiwa disiplin dan karakter bangsa sejak dini, melatih generasi bangsa yang berkualitas.

Materi  kegiatan yang diberikan meliputi  pelatihan PBB  (Persatuan Baris berbaris) dan wawasan kebangsaan (Wasbang), kegiatan ini dilaksanakan  selama 1 Minggu.

Pelatihan ini diikuti peserta sebanyak 30 orang dengan tujuan agar para siswa dan siswi mampu mewarisi nilai luhur budaya bangsa yang kini sudah mulai memudar dikalangan para generasi seperti sekarang ini.

Penrem 091/ASN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar