Jumat, 28 September 2018

Babinsa Desa Tapen Menghadiri Resik Deso Di Desanya

Lembeyan, Tradisi bersih Desa merupakan tradsi turun temurun dari zaman leluhurnya yang di adakan setiap setahun sekali. Adapun kegiatan Bersih Desa yang dilakukan oleh seluruh masyarakat dengan mengadakan selamatan atau syukuran di tempat-tempat yang di anggap keramat oleh masyarakat setempat yang konon menurut cerita dari nenek moyang tempat tersebut adalah tempat Pejuang yang telah babat (buka) Desa Tersebut.


Dalam hal ini Desa warga Tapen acara selamatan  di Punden Jumok yang bertempat Dusun Sekar Putih Desa Tapen kecamatan Lembeyan. Adapun Hadir dalam acara tersebut Kades Desa Tapen Slamet Riyanto Beserta Seluruh Perangkat Desa , Babinsa Desa Tapen Sertu Suroto, Babinkamtibmas Briptu Dedi A, Tokoh Adat, Tokoh Agama, tokoh masyarakat serta Warga Tapen.

Acara dibuka dengan pembacaan Doa dan selamatan yang di pimpin oleh modin desa tapen Sholikin Sag.
Acara selanjutnya sambutan Kepala Desa tapen dalam sambutan kepala desa tapen menuturkan acara selamatan dalam bersih desa bertujuan untuk mendoakan para leluhur pendiri desa tapen dan wujud rasa sukur apa yang diwariskan oleh para leluhur.
Acara Bersih Desa ini juga sebagai sarana untuk melestarikan budaya yang telah turun temurun agar generasi muda tau sejarah berdirinya desa tapen.

Acara di lanjutakan pegelaran seni Gambyong dari sangar seni Ngudi Laras pimpinan bapak Djikun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar