Selasa, 15 Januari 2019

Cegah Penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) Anggota Koramil 0804-13/ Bendo Bersama Warga Bersihkan Lingkungan


Magetan - Anggota Koramil 0804-13/ Bendo bersama warga masyarakat dilingkungan Dusun Sanan Desa Pingkuk Kecamatan Bendo bergotong-royong membersihkan lingkungan baik selokan maupun dipinggir jalan umum guna mencegah penyebaran wabah Demam Berdarah Dengue yang di sebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegepty dan Aedes Albopictus, karena sekarang ini lagi musim hujan sehingga banyak sampah dan kotoran yang berserakan baik diselokan maupun di pinggir sepanjang jalan. (Rabu, 16/01/18)

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) menyerang semua orang dan semua umur dan umumnya anak-anak yang rentan. Risiko DBD pada pasien dewasa lebih rendah dibanding dengan anak-anak. Anak-anak dan bayi, khususnya perempuan, yang terserang DBD akan menderita infeksi yang serius serta menjadi lebih parah keadaannya. Berbeda dengan penyakit lain, anak-anak dengan keadaan kecukupan gizi justru berisiko menderita penyakit lebih berat dibanding dengan anak yang kurang gizi.

Upaya pencegahan tidak hanya dilakukan pemerintah tetapi juga melibatkan masyarakat. Hal ini dilakukan antara lain dengan penyemprotan (fogging) pembasmi nyamuk, mematikan jentik nyamuk, memberi bubuk Abate di kolam atau bak mandi, dan membentuk masyarakat peduli demam berdarah Dengue. Ini antara lain dengan mengaktifkan Kelompok Pemantau Jentik di setiap RT.

Musnahkan semua wadah yang dapat menampung nyamuk berkembang biak dan jentik berkembang, seperti ember, drum, kaleng, botol, vas bunga, ban bekas dan wadah-wadah lain yang bisa menampung air atau air hujan. Ini merupakan upayakan untuk memutus rantai daur hidup nyamuk dengan mengenali sifat nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk ini suka bersarang dan bertelur di air bersih. Jadi tempat atau wadah yang dapat menampung air ini harus dibersihkan atau dimusnahkan. Hal ini harus dilakukan secara terus menerus tanpa batas waktu. Waspadalah pada musim hujan dimana banyak air tergenang. Keringkanlah air yang menggenang dan timbun bagian ini agar tak bisa lagi menanmpung air.

Kegiatan seperti ini mendapat sambutan yang positip dari masyarakat sekitar, karena dengan kehadiran anggota TNI ditengah-tengah masyarakat yang ikut peduli tentang kebersihan merupakan tindakan yang sangat terpuji dan perlu dipertahankan. Inilah wujud kebersamaan antara anggota Koramil 0804-13/ Bendo sebagai Komando Teritorial dengan warga binaan untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. (R13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar