Kamis, 12 September 2019

Babinsa Koramil 09 Sukomoro Bersama Muspika Hadiri Acara Bersih Desa Bulu


MAGETAN – JAW TIMUR. Babinsa Koramil 09 Sukomoro Kodim 0804 Magetan Sertu Sudiman beserta Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Kecamatan Sukomoro menghadri acara Bersih Desa di Desa Bulu Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan Jawa Timur, Kamis (12/09/19).
Tradisi bersih Desa merupakan tradsi turun temurun dari zaman leluhurnya yang di adakan setiap setahun sekali. Adapun kegiatan Bersih Desa yang dilakukan oleh seluruh masyarakat dengan mengsdakan selamatan syukuran di tempat-tempat yang di anggap keramat oleh masyarakat setempat yang konon menurut cerita dari nenek moyang tempat tersebut adalah tempat Pejuang yang telah babat (buka) Desa Tersebut.

Dalam hal ini Desa Bulu Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan Jawa Timur menggelar pawai budaya kesenian di desa tersebut. Masyarakat sangat antusias dan penuh semangat menggelar tradsi Bersih Desa tersebut, baik itu golongan tua atau muda semua ikut melaksanakan tradisi bersih desa tersebut.
Pada Acara bersih Desa turut hadir perangkat desa bulu,tokoh masyarakat,tokoh agama,tokoh pemuda dan seluruh warga dan masyarakat, peserta arak arakan menggunakan busana adat.
Rombongan peserta berangkat dari kantor desa bulu menuju tempat punden yang jaraknya kurang lebih satu kilo meter.sementara di lokasi punden setelah dilakukan prosesi adat oleh sesepuh desa bulu dan juru kunci, tumpeng bisa di bagikan warga masyarakat sekitar punden.
Selesai prosesi tumpeng atau buceng serta slametan akan digelar kesenian langgeng Beksan tayuban di tempat punden bulu.para penggemar Langen tayub baik dari desa bulu maupun dari desa lain di pastikan bakal ikut memeriahkan paguyuban seni tersebut. kegiatan bersih desa untuk melestarikan kearifan budaya lokal dan nguri budaya leluhur tutur kepala desa bulu Dedy Hermansyah.
Danramil 09 Sukomoro Kodim 0804/Magetan Kapten Inf Efendi Santoso  menyampaikan bahwa bersih desa ini bertujuan untuk melestarikan budaya adat di punden tradisi budaya jawa. kegiatan bersih desa merupakan sarana silaturahmi kedekatan antar warga masyarakat sehingga adat tradisi budaya tetap utuh dilestarikan sebagai wujud cinta tanah air. Kegiatan ini bertujuan untuk memanjatkan rasa syukur kepada Allah SWT atas semua rejeki yang telah diberikan serta keselamatan dan kemakmuran kepada seluruh warga masyarakat Desa Bulu," ujar Danramil 09/Sukomoro Kapten Inf Efendi Santoso.(tsr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar