Ngaji Bareng Komandan Koramil 0804/07 Karangrejo Bersama Komponen Masyarakat Desa Baluk


Magetan. Masih dalam Rangkaian memperingati Tahun Baru Hijriyyah 1441 dan Bersih Desa. Pemerintah Desa Baluk menyelenggarakan pengajian umum yang di pusatkan di halaman masjid Mambatul Huda Dukuh Grogolan RT 01/RW 03. Senin malam Selasa (23 /09/'19).

Tampak undangan di antaranya, Penceramah KH.Ahmad Chalwani Nawawi dari Purworejo Jawa Tengah, Anggota DPRD Kab. Magetan Bpk.Nurwakhid /Gus Wakhid Komandan Koramil 0804/07 Karangrejo,Kapten Inf Arif W, Sekcam Karangrejo, Bpk. Agung, Kapolsek Karangrejo di wakili Bhabinkamtipmas Ds.Baluk Aipda Jarot DH,Rois Suriah MWC NU Karangrejo, Bpk KH. Drs Mashudi, M.Pdi, Kepala KUA Karangrejo Bpk. Edi Siswanto, S.Ag, Kepala Desa Baluk Bpk Jerman Abdul Azis Basri,Babinsa Desa Baluk Serda Nur Basuki,tokoh agama,tokoh masyarakat dan jamaah pengajian dari desa di sekitar desa Baluk kurang lebih 500 orang.

Acara di awali dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Bpk Zambron,S Pdi.Di lanjutkan dengan sambutan ketua Panitia,Bpk Nur Ahmad bahwa kegiatan pengajian ini masih dalam rangkaian memperingati tahun baru Hijriyyah dan Bersih Desa,selaku ketua Panitia mengucapkan selamat datang kepada undangan di antaranya anggota DPRD Kab.Magetan Bpk.Nurwahkid/Gus Wahkid,jajaran dari Forkompimca Karangrejo dan juga seluruh jamaah yang hadir pada malam hari ini, yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu, juga terima kasih atas bantuan pengamanan yang di laksanakan oleh Babinsa dan Bhabinkamtipmas yang bekerja sama dengan Linmas maupun anggota Banser sehingga pelaksanaan pengajian malam ini berjalan lancar tertib dan aman sampai selasai acara ini, ungkapnya.

Komandan Koramil 0804/07 Karangrejo Kapten Inf Arif W Kami mewakili Forkompimca Karangrejo mengucapkan banyak terima kasih atas undangan pengajian malam ini. Peringatan sebaiknya jangan sekedar seremonial. Namun, menjadi momentum untuk meningkatkan keislaman, keimanan, dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT untuk membentengi keluarga,masyarakat sehingga akan mempunyai sifat yang Aklakqul Qarimah,tambahnya.

Juga Pengajian umum ini sebagai sarana untuk menjadikan masyarakat Ds. Baluk yang religius. Selain itu, merupakan ajang silaturahmi antar sesama umat. Hubungan antara ulama dengan Forkompimca, juga hubungan dengan masyarakat terjalin apik selama ini. Terbukti, semua elemen masyarakat bahu -membahu menjaga kondusifitas, saya berpesan Mari kita jaga bersama sama suasana yang sudah kondusif, aman ini dan umumnya di wilayah Kec. Karangrejo, jelanya.

Dalam tauziyahnya KH.Ahmad Chalwani Nawawi, Alhamdulillah pada malam hari saya jauh jauh datang dari Berjan Purworejo  bisa bersilahturohmi dengan masyarakat Desa Baluk Kec. Karangrejo Kab.Magetan, Peringatan Tahun Baru Hijriyyah ini ada peristiwa penting dalam sejarah umat Islam yaitu sepeninggal wafatnya Nabi Muhammad SAW, belum ada kalender yang bisa menyatukan umat Islam,untuk itu sejak kepemimpinan kholifah Umar dan atas saran dan usulan para ulama waktu itu,di sepekatilah Bulan Muharam sebagai Tahun Baru Hijriyyah, urainya.

Karena inti sari bulan Muharam adalah pada tanggal 10 Muharam,banyak peristiwa bersejarah/kejadian pada tanggal 10 Muharam yang di terjadi kepada para Nabi Nabi.Di tambahkan KH. Ahmad Chalwani Nawawi bahwa ” Proses hijrahnya Nabi Muhammad SAW dan para sahabat dari Kota Mekkah ke kota Madinah mengandung banyak hikmah, yang diantaranya ialah setiap insan atau manusia di masa sekarang diharuskan melakukan hijrah atau berpindah dari satu keadaan yang kurang menuju tempat yang lebih baik dalam arti proses berpindahnya sifat-sifat buruk menuju perbaikan kebaikan.

Selanjutnya dalam tauziyahnya mengajak agar kita dapat mengambil hikmah pengajian ini untuk mempertebal imam dan taqwa kita kepada Allah SWT, selain itu mari kita jadikan mementum ini sebagai intropeksi diri untuk berbuat lebih baik dimasa mendatang dengan tetap menjalin silaturohmi dan ukuwah islamiyah diantara sesama umat.

 Di akhir acara di tutup dengan doa yang di pimpin langsung oleh KH. Ahmad Chalwani Nawawi yang juga pengasuh Ponpes An - Nawawi Berjan Purworejo Jawa - Tengah (R/07)

Posting Komentar

0 Komentar