Kamis, 12 September 2019

Peran Babinsa Genilangit Dalam Melestarikan Budaya Leluhur Wilayah Binaanya.


MAGETAN-JAWA TIMUR,- Kegiatan rutin tahunan guna melestarikan budaya yang  merupakan peninggalan nenek moyang  sudah seharusnya untuk dilestarikan. Sangat disayangkan kondisi saat sekarang dimana budaya bangsa sendiri sudah banyak dilupakan, bahkan boleh dibilang hampir punah. Masuknya budaya asing yang dianggap lebih modern saat ini sangat digemari oleh masyarakat sekarang. Perubahan zaman yang demikian inilah yang mengetuk naluri Babinsa Genilangit Serda Marjuki bersama sesepuh desa untuk mengelar kegiatan nguri nguri budaya warisan leluhur.

Bertempat di makam ki malang yudo, di makam nyi malang yudo dan di balai desa Genilangit kecamatan poncol kabupaten magetan provinsi jawa timur  para sesepuh dan Babinsa Genilangit melaksanakan Sima'an Bin Nadzor sebagai rangkaian kegiatan bersih desa di Desa Genilangit Kecamatan Poncol kabupaten magetan provinsi jawa timur. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Perangkat desa genilangit, takmir Masjid dan jamaah, Tahmir Mushola dan Jamaah, Babinsa Genilangit Koramil 0804/05 Poncol serda Marjuki, babinkamtibmas Polsek Poncol Bribka Sutikno . Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kamis tgl 12 September 2019 mulai pukul 05.30 sampai dengan 17.00 wib.
Babinsa Genilangit Koramil 05 Poncol Kodim 0804/Magetan menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan rutin tiap tahun ini sangat besar manfaatnya bagi kelangsungan dan kelestarian budaya yang merupakan  warisan leluhur. Sasaran utama dari kegiatan tersebut adalah para generasi muda dimana para generasi adalah tonggak penerus kelestarian budaya yang merupakan warisan nenek moyang yang sangat disayangkan apabila budaya warisan leluhur hilang begitu saja. Ironisnya sekarang budaya bangsa sudah diambil atau diakui oleh negara lain dan ini merupakan kerugian besar bagi bangsa dan negara kita. Untuk itu dipandang perlu generasi muda perlu diberikan pemahaman akan perlunya melestarikan budaya bangsa yang merupakan warisan leluhur yang harus dijaga dan dilestarikan keberadaanya

Pewarta ( M Tasir Hidayat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar