Sabtu, 14 Desember 2019

Dukung Program Kesehatan, Babinsa Trosono Hadiri MMD


Magetan Jatim, Babinsa Desa Trosono Koramil 04 Parang, Kodim 0804/Magetan, Sertu Sunaryo menghadiri kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa(MMD) yang dilakukan di aula balai Desa Trosono, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan, Jumat  (13/12/2019).

Adapun yang hadir dalam kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa antara lain kepala UPT Puskesmas Parang yang diwakili drg.Nuraini, Babinsa Sertu Sunaryo, Bhabinkamtibmas Bripka Heri Santoso, ketua PKK Desa Trosono beserta kelompok PKK tiap tiap Dukuhan dan perangkat Desa Trosono, Bidan Desa serta tamu undangan lainnya.


Dalam kesempatan tersebut,  Drg. Nuraini mengatakan, salah satu upaya untuk mengantisipasi masalah kesehatan adalah dengan promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat melalui MMD.

” Tujuannya yaitu untuk meningkatkan kesadaran, kemampuan dan kemauan hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat kesehatan yang optimal secara mandiri, ” ucapnya.

Masih lanjut Drg. Nuraini, dengan perkataan lain masyarakat diharapkan mampu berpartisipasi aktif dalam memelihara dan meningkatkan derajat kesehatannya sendiri.

” Pengembangan desa siaga merupakan upaya strategis dalam rangka mewujudkan derajat kesehatan masyarakat serta peran masyarakat dalam pemeliharaan kesehatan, ” ungkapnya.

Sedangkan, Babinsa Trosono, Sertu Sunaryo dalam sambutannya menyampaikan, tindakan preventif dan promotif juga diperlakukan di dalamnya dalam membentuk pola hidup sehat dan kesehatan yang berbasis pada masyarakat. Dan desa siaga adalah suatu kondisi masyarakat tingkat desa yang memiliki kesiapan sumber daya potensial yang di harapkan mampu mengatasi masalah kesehatan secara mandiri.

” MMD (Musyawarah Masyarakat Desa) ini bertujuan untuk menentukan prioritas masalah, pemecahan masalah dan kesepakatan tindak lanjut dengan memanfaatkan potensi yang ada, ” jelas Babinsa (R 04)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar