Kamis, 12 Maret 2020

Babinsa Takeran Ikut Serta dalam Acara Penyuluhan Pola Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS )


Magetan Jatim Dalam rangka mewujudkan masyarakat Bersih dan Sehat sejak dini,  Puskesmas kecamatan Takeran Kabupaten Magetan memberikan kegiatan pengenalan serta penyuluhan PHBS di polindes Desa  Tawangrejo kecamatan Takeran, kabupaten Magetan pada hari Kamis tanggal 12 Maret 2020 pada saat kegiatan Posyandu.
  
Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bapak Joko Boywanto Ahli Gizi dari Puskesmas Takeran sebagai pemberi materi,Babinsa Desa Tawangrejo Serma Doni Susanto,Bidan dan perawat Polindes Desa Tawangrejo,ibu-ibu Kader posyandu serta Orang tua dan balita yang terdaftar di Posyandu Desa Tawangrejo.

 
Tujuan  diadakanya pengenalan dan penyuluhan tersebut diharap kan orang tua memahami bagaimana berprilaku hidup bersih dan sehat minimal dilingkungan keluarga khususnya serta lingkungan sekitar pada umumnya,disamping itu PHBS ini mulai dikenalkan kepada anak-anak balita yg ada di lingkungan Desa Tawangrejo yang tegabung dan terdaftar diposyandu Desa Tawangrejo
  
Disela sela kegiatan pengenalan dan penyuluhan tersebut,pemateri memberikan salah satu contoh bagaimana pola hidup sehat yang paling gampang yaitu bagaimana cara mencuci tangan yang benar, dan langsung dipraktekan serta di ikuti, ditirukan oleh semua yang hadir."mencuci tangan dengan benar  merupakan cara  menjaga kebersihan serta dapat mencegah virus corona"imbuhnya
   
Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat, PHBS itu jumlahnya banyak sekali, bisa ratusan. Misalnya tentang Gizi: makan beraneka ragam makanan, minum Tablet Tambah Darah, mengkonsumsi garam beryodium, memberi bayi dan balita Kapsul Vitamin A. Tentang kesehatan lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, membersihkan lingkungan, setiap rumah tangga dianjurkan untuk melaksanakan semua perilaku kesehatan.
  
Babinsa Tawangrejo Serma Doni susanto menambahkan,selain prilaku hidup bersih dan sehat,sebagai orang tua kita juga harus peduli terhadap keamanan keluarga terutama putra putrinya yang masih balita sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  
Kegiatan pengenalan serta penyuluhan PHBS tersebut dilaksanaka dalam keadaan lancar ,tertib dan aman,kemudian dilanjutkan kegiatan penimbangan badan utk memantau tumbuh kembang anak balita posyandu desa Tawangrejo. (made).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar