Kamis, 04 Juni 2020

Babinsa Ds Puntukdoro Bersinergi Dengan Kesehatan Desa Dalam Rangka Pos Yandu Jiwa


MAGETAN JATIM, Pos yandu jiwa merupakaan program pemerintah di bidang kesehatan yang selama ini sudah berjalan di desa desa. Program ini merupakan lanjutan dari posyandu balita, posyandu lansia yang telah di laksanakan di desa dari pihak Kesehatan. Posyandu jiwa dilaksanakan satu bulan sekali bekerjasama dengan Dokter, perawat dari Puskesmas serta memiliki kader kesehatan setempat yang bertujuan guna membantu masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan jiwa yang disebabkan oleh faktor stres dan sebagainya.


Dalam  rangka upaya meningkatkan kesehaatan tersebut pada hari ini Kamis 04 Juni 2020 pemerintahan Desa Puntukdoro melaksanakan kegiatan posyandu jiwa guna perawatan, pencegahan dan pengobatan kepada pasien, dan perlu disampaikan bahwa Desa Puntukdoro ada 11 pasien yang terdata mengalami gangguan jiwa(stres), mayoritas masyarakat kalangan kecil sehingga perlu adanya pengobatann dan perawatan kusus. Kegiatan ini di laksanakan terpusat di Kantor Balai Desa, akan tetapi berhubung situasi kondisi berjangkitnya Covid 19 kegiatan ini dilaksanakan secara berkunjung dari rumah ke rumah pasien ODGJ ( Orang dengan Gangguan Jiwa), dalam kegiatan ini dipimpin oleh Bpk Joko sebagai pemegang program dari Puskesmas Plaosan, Perawat Poskesdes(Ibu Rini) dan Babinsa (Serka Kuat Mulyono) sebagai pendamping kegiatan.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan kepada pasien kali ini adalah pemeriksaan kesehatan, memberikan suntikan vitamin, memberikan sosialisasi kebersihan perawatan diri sendiri, kepada pasien, sehingga dengan demikian pasien bisa berpikir yang lebih positif sehat jasmani dan rokani. Babinsa Desa puntukdoro Serka Kuat Mulyono untuk selalu memberikan dukungan, motivasi baik kepada pelaksana maupun pasien, bahwa posyanddu jiwa ini sangat membantu masyarakat dalam rangka meningkatkan kesehatan dan menangani permasalahan masyarakat kususnya kesehatan. (R 02)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar