Selasa, 02 Juni 2020

Forpimca Bendo Ajak Anggota BPD Dan Perangkat Desa Tingkatkan Peran Dan Fungsinya Dalam Melaksanakan Tugas Pokok

Magetan. Dalam rangka meningkatkan kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD)  didalam penyelenggaraaan Pemerintahan Desa, maka Pemerintah Desa Kleco Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan menyelenggarakan pelatihan kapasitas  BPD dan perangkat desa Kleco bertempat di Balaidesa Kleco Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan. Selasa (02/06/2020)

Dalam sambutannya Eko Muryanto selaku Kepala Dinas PMD Kab. Magetan menyampaikan salah satu Tugas dan Fungsi BPD  yakni membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa, sehingga jelas BPD adalah lembaga yang memiliki kekuatan dalam dalam menyepakati peraturan desa yang bakal menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan desa.

Selain itu BPD juga berhak menyenggarakan Musyawarah Desa (Musdes) pada agenda-agenda yang mengharuskan adanya Musdes. Adanya UU N0. 6 Tahun 2014 tentang Desa yang menempatkan desa sebagai subyek bagi pembangunan di wilayahnya sendiri membuat peran BPD mutlak dan penting. Pasalnya, desa yang selama ini diposisikan sebagai obyek, kini telah menjadi subyek bagi pengembangan potensi dirinya sendiri.

"Di tengah pandemi virus Covid 19 belum tahu kapan selesainya dan berakhirnya akan diberlakukan suatu tatanan baru atau disebut dengan new normal dimana kehidupan akan dikembalikan normal kembali seperti sebelum ada wabah corona akan tetapi harus memperhatikan protokol kesehatan yaitu wajib memakai masker, jaga jarak,  rajin cuci tangan,  hindari kerumunan orang serta tidak boleh berjabat tangan" Pungkas Bpk Eko Muryanto.

Dalam sambutannya Danramil 0804/13 Bendo Kapten Inf Sarpan menyampaikan apresiasi kepada pemerintahan desa kleco yang hari ini sudah melaksanakan kegiatan pelatihan kapasitas BPD dan Perangkat Desa dimana kegiatan ini sangat positif bagi  anggota BPD dan Perangkat Desa dalam melaksanakan tugas pokoknya sehingga dapat dipahami dan dimengerti akan tugas pokoknya.

"Saya berharap dengan adanya kegiatan pelatihan kapasitas BPD dan Perangkat Desa ini dapat dijadikan bahan evaluasi dan koreksi bagi anggota BPD dan Perangkat Desa dalam melaksanakan tugas pokoknya dalam kurung waktu satu tahun, apa yang kurang segera diperbaiki dan yang sudah baik dipertahankan" Pungkas Danramil. (R10)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar