Selasa, 14 Juli 2020

Sistem Pengubinan Menjadi Cara Petani Di Desa Geplak Untuk Memperkirakan Hasil Panen Padi



Magetan. Upaya khusus pendampingan ketahanan pangan terus dilakukan para Babinsa Koramil Jajaran Kodim 0804/07 Karangrejo Melaksanakan pendampingan pengubinan di desa Geplak Kec.Karas Kab.magetan,Rabu (14/07/2020).

Kali ini Babinsa Geplak, Sertu Suwarsono dan Gapoktan Tani Makmur peserta Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Karas, Ibu Purtini dan Endang melakukan pendampingan pengubinan padi. Lahan yang digunakan yakni milik Topa yang berada di  Desa Geplak Kec.Karas, Kab. Magetan.

Salah satu anggota PPL Karas,Ibu Purtini mengatakan pengubinan ini dilakukan untuk menghitung secara cepat dan sederhana hasil panen produk pertanian seperti padi dan jagung dalam luasan 1 hamparan (1ha). Pengubinan ini dilakukan pada tanaman padi yang sudah siap untuk dipanen.

“Hasil pengubin jenis padi Inpari 42 dengan luas lahan 1000 m akan didapat perkiraan hasil panen mencapai 8 Ton padi," kata Babinsa Geplak, Sertu Suwarsono.

Danramil 0804/07 Karangrejo Kapten ARM Agus Hariyano melalui Babinsa Geplak Sertu Suwarsono  menyampaikan turunnya Babinsa di sawah diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat para petani dalam meningkatkan produktivitas panen padi.

"Ini merupakan bentuk keseriusan dan kepedulian Babinsa bersama PPL dalam melaksanakan pendampingan kepada para petani," katanya.

Pemilik lahan, Topa menyampaikan rasa terima kasih kepada Babinsa yang mendampingi kelompok tani mulai pengolahan lahan, masa tanam, perawatan hingga masa panen.

"Semoga kegiatan pendampingan seperti ini akan terus berlanjut, Babinsa dan PPL terus bahu-membahu membantu para petani untuk meningkatkan produksi padi," katanya.(R.07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar