Minggu, 09 Agustus 2020

Komandan Koramil 0804/07 Karangrejo Dukung Pelestarian Budaya Daerah Dalam Acara Bersih Desa

 

Magetan
. Dalam rangka kegiatan bersih desa di  Desa Maron  Kecamatan Karangrejo Kab Magetan telah dipentaskan Pagelaran wayang kulit semalam suntuk yang di selenggaran di Pendopo kantor Desa Maron. (Sabtu,9/8/2020)

 

Hadir dalam acara Bersih Dusun tersebut, Danramil 0804/ 07 Karangrejo  Kapten Arm Agus Hariyono, Camat Karangrejo, Boimin S.Sos, Kapolsek Karangrejo, AKP Sukarno, SH, Kepala Desa Maron Agus Didik Wahyudi, Babinsa Serka Sudarsono, Bhabinkamtipmas, Aiptu Moro Edy, Perangkat Desa Maron, tamu undangan lainnya serta warga masyarakat. Acara Bersih Desa kali ini dilaksanakan semalam suntuk dengan sajian pentas Wayang Kulit yang dimainkan ki Dalang Suparno dengan mengambil judul cerita (Lakon) “Petruk Dadi Ratu”

 

Pagelaran Wayang kulit semalam suntuk di tengah pandemi Covid 19 Panitia penyelenggara tetap mengedepankan protokol kesehatan.

 

Acara diawali dengan doa kepada Allah SWT agar kegiatan bersih desa ini barokah , tujuan bersih desa yaitu mewujudkan rasa syukur dan taqwa kepada Allah SWT.  yang memberikan kesehatan,  keberkahan bagi warga desa Maron

 

Kepala Desa Maron Bpk. Agus Didik Wahyudi, dalam sambutanya menyampaikan “Saya perwakilan dari masyarakat mengucapkan selamat datang kepada tamu undangan yang sudah hadir memenuhi undangan kami pada malam hari ini, dan selamat menyaksikan pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan baik dan tertib. Malam hari ini warga masyarakat Desa Maron sudah bertekad untuk mengadakan acara wayangan semalam suntuk, sesudahnya kepada masyarakat Desa Maron selalu diberikan keselamatan dan kesejahteraan baik yang berada di Desa Maron sini maupun yang berada di perantauan.

 

Sambutan dari  Danramil 0804/07 Karangrejo Kapten Arm Agus Hariyono yang pada intinya kegiatan bersih desa bukan berarti membersihkan desa dari kotoran atau sampah, akan tetapi lebih kepada membersihkan hati dan pikiran kita dari hal hal yang buruk. Sedangkan pagelaran wayang kulit tidak hanya sekedar hiburan, melainkan sebuah pelestarian budaya leluhur bangsa yg berisi keteladanan yang patut di contoh dalam kehidupan sehari hari. Harapanya bersih desa tidak hanya seremonial belaka, akan tetapi bisa mengambil hikmah di balik kegiatan ini. Marilah kita jadikan desa desa yang benar2 bersih, baik secara fisik maupun spiritual, menuju masyarakat yang aman dan sentosa.

 

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama pagelarsn wayang kulit berlangsung Babinsa dan Bhabinkamtipmas desa Maron melaksanakan  pengamanan hingga acara selesai. (R/07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar