Kamis, 12 November 2020

Babinsa Koramil 0801/07 Ngadirojo bersama Warga laksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN)

 


Pacitan Jatim - DBD atau yang lebih dikenal dengan demam berdarah dengue disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui gigitan nyamuk. DBD muncul atau berkembang biak di musim Penghujan dan pancaroba, disebabkan lingkungan yang tidak bersih dan sehat.

 

Guna mencegah perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah, Serka Bibit Babinsa Desa Sidomulyo, Koramil 0801/07 Ngadirojo dan masyarakat Dusun Pagutan, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo mengadakan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Kamis (12/11/2020)

 

Kegiatan PSN tersebut diawali dengan sasaran tempat-tempat sarang nyamuk Aides Aigepty, terutama di daerah genangan air, selokan dll yang menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk penyebar terjangkitnya penyakit DBD. Dalam penanganan DBD, peran serta masyarakat untuk menekan kasus ini sangat menentukan sekali.  Oleh karenanya program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) perlu terus dilakukan secara berkelanjutan sepanjang tahun khususnya pada musim penghujan.

 

Didampingi Kasun Pagutan Bapak Sucahyo, Serka Bibit menyampaikan, " Saat ini Pandemi Covid-19 belum berakhir untuk itu mari kita senantiasa menerapkan pola hidup sehat dengan menjalankan 3 M, Mencuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir, memakai masker dan menjaga jarak", tuturnya.

 

Tidak kalah pentingnya Serka Bibit didepan masyarakat menjelaskan, " Menghadapi musim penghujan ini, selain kita selalu waspada terhadap bencana alam yang terjadi kita harus menjaga kebersihan lingkungan guna mencegah perkembangbiakan nyamuk penular DBD dengan  program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus ",  yaitu:

 

1) Menguras, adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain

 

2) Menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya; dan

 

3) Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah.

 

Adapun yang dimaksud dengan 3M Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti :

 

1) Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan;

2) Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk;

3) Menggunakan kelambu saat tidur;

4) Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk;

5) Menanam tanaman pengusir nyamuk,

6) Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah;

7) Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.

 

" Mari kita senantiasa berdoa kepada Allah SWT, mudah-mudahan kita semua terhindar dari musibah dan dalam lindungan Allah SWT ", pungkasnya. (swr’red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar